4 April, Honorer K1 Diumumkan

Jumat, 30 Maret 2012

Berita Riau,PEKANBARU (RP)- Setelah menunggu lama, akhirnya honorer di Provinsi Riau yang masuk dalam kategori 1 (K1) dan lulus verifikasi akan segera diumumkan.
Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XII merencanakan akan memberikan berkas nama-nama tenaga honorer yang lolos dan bisa langsung diangkat menjadi CPNS kepada seluruh BKD se-Riau pada 4 April mendatang.
Sementara itu, untuk pengumuman nama-nama tersebut BKD menyerahkan kepada BKD masing-masing daerah di Riau.
‘’4 April akan datang kita akan panggil seluruh BKD di Riau ini. Saat itu juga akan kita serahkan hasil verifikasi honorer kategori 1 yang bisa diangkat langsung menjadi CPNS jika ada penerimaan akan datang. Soal jumlah yang lulus nanti saja saat pengumuman,’’ terang Kepala BKN Regional XII Riau Kepri Sumbar, Drs Dede Djunaedy MSi kepada Riau Pos, Kamis (29/3) kemarin.
Dari informasi yang dihimpun Riau Pos hanya beberapa kabupaten kota termasuk provinsi yang sudah mengajukan honorer K1. Di antaranya Kota Dumai sebanyak 143 orang, Indragiri Hulu sekitar 800 orang untuk K1 dan K2, Indragiri Hilir 100 orang, Rokan Hulu 60 orang, Pelalawan 184 orang dan Provinsi Riau 153 orang.
Sementara untuk kabupaten lainnya belum disebutkan berapa jumlah usulan dan menunggu hasil verifikasi dari BKN Regional XII. Honorer K1 yang dinyatakan lulus verifikasi harus memenuhi beberapa kriteria.
Di antaranya gaji yang diterima berasal dari APBN atau APBD, diangkat oleh pejabat yang berwenang, bertugas di instansi pemerintah dengan masa kerja minimal 1 tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus-menerus serta berusia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun pada 1 Januari 2006.
Sementara itu, berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Nomor 3 Tahun 2012 mewajibkan seluruh BKD untuk mempublikasikan nama-nama honorer yang lulus verifikasi secara umum, baik melalui media maupun website masing-masing pemerintahan.
Hal tersebut sesuai dengan SE Men PAN-RB Nomor 5 Tahun 2010 dinyatakan bahwa pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan dan Daerah telah menyampaikan daftar nama tenaga honorer K1 dan jumlah tenaga honorer K2.
Sementara itu Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dalam waktu dekat ini akan mengumumkan nama-nama honorer K1 yang akan diangkat menjadi CPNS tahun 2012. Calon aparatur pemerintah baru tersebut diumumkan di instansi pemerintahan dan diupayakan di media massa.
Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Administrasi dan Kepegawaian BKD Riau, Suratno, Kamis (29/3).
Menurutnya, BKD Riau masih menunggu hasil verifikasi dari BKN dan BPKP yang belum rampung.
‘’Kita selalu siap untuk mengumumkannya. Hanya saja, untuk mengumumkan honorer K1 tersebut harus menunggu hasil verifikasi dari BKN dan BPKP. Yang jelas transparansi akan tetap diterapkan seperti instruksi Kemen PAN-RB RI beberapa waktu lalu,’’ ulasnya.

sumber :  Riau Pos