40 Petugas Sampah Terima SK Pengangkatan

Rabu, 18 April 2012


MAKASSAR, UPEKS—Sebanyak 48 honorer petugas sampah yang bertugas di Dinas Kebersihan Kota Makassar bisa bernafas lega.
Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Surat Keputusan (SK) pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), akhirnya diserahkan secara simbolis oleh Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin.
SK pengangkatan itu diserahkan langsung Wali Kota dalam rangkaian upacara Hari Kesadaran Nasional di lapangan Kantor Walikota Makassar, Selasa (17/4).
Petugas persampahan yang diterbitkan SK pengangkatan, terdiri dari 33 CPNS golongan I dan 15 golongan II. Sejumlah honorer ini pada awalnya mengalami penolakan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) karena dianggap tidak sesuai dengan peraturan yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2005 dan telah diubah menjadi PP Nomor 43 tahun 2007 yang berlaku.
Adanya penolakan itu, sempat menjadi polemik di kalangan petugas kebersihan yang telah mengabdi hingga puluhan tahun di lingkup pemerintah kota.
Menurut Ilham, perjuangan untuk pengangkatan tenaga honorer khususnya petugas kebersihan telah dilakukan sejak awal masa pemerintahannya. Lamanya waktu penuntasan pengangkatan CPNS lingkup pemkot disebabkan proses birokrasi yang juga cukup panjang.
“Sebagai Walikota, saya sudah berjanji untuk memperjuangkan seluruh tenaga honorer yang berkesesuaian dengan PP untuk menjadi PNS tanpa melihat siapa dia dan dari mana pun dia berasal,” kata Ilham.
Ilham menuturkan perjuangannya untuk 40 tenaga petugas sampah yang berhasil mendapatkan SK, dinama Wali Kota telah beberapa kali menghadap dan rapat dengan Pak Jusuf Kalla untuk urusan pengangkatan tenaga honorer khususnya tenaga kebersihan ini.
Ilham juga meminta kepada semua honorer yang telah menerima SK dan seluruh jajaran pegawai lingkup Pemkot agar tetap mengedepankan pelayanan publik dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai salah satu upaya untuk menjadi yang terdepan dalam penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik.
Selain menyerahkan SK CPNS, dalam kesempatan itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Muh Kasim Wahab juga menyampaikan kenaikan pangkat secara periodik kepada 1483 orang PNS lingkup Pemkot Makassar.
“Kami tentunya sangat berharap kepada seluruh PNS yang telah mendapatkan SK kenaikan pangkat, agar lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harap Muh Kasim. ()