62.500 Tenaga Honorer Diangkat Tahun Ini

Rabu, 28 Maret 2012

PEKANBARU--MICOM: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Azwar Abubakar mengatakan pemerintah akan mengangkat 62.500 tenaga honorer di seluruh Indonesia menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun ini.

Azwar mengatakan hal tersebut seusai membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sosialisasi Birokrasi pada Pemerintah Daerah Regional I di Pekanbaru, Riau, Selasa, (27/3).

"Jumlah tenaga honorer yang diangkat ini merupakan separuh dari kebutuhan pemerintah untuk mengganti 125.000 pegawai negeri yang pensiun pada tahun ini. Sementara itu, separuhnya lagi akan direkrut melalui jalur reguler calon pegawai negeri sipil (CPNS)," katanya.

Ia mengatakan, jumlah pegawai honor sangat banyak di tiap daerah dan menjadi beban APBD. Pemerintah akan berpedoman pada peta jabatan yang diajukan dari tiap daerah dalam pengalokasian formasi CPNS.

Oleh karena itu, daerah diminta untuk segera mengirimkan jumlah kebutuhan pegawai pada formasi penerimaan CPNS tahun ini. "Kami berikan waktu dua bulan lagi bagi pemerintah daerah mengirimkan peta jabatan sesuai kebutuhan," urainya.

Azwar mengakui kendala pemerintah daerah selama ini masih banyak yang tidak memiliki tenaga analis jabatan untuk menentukan peta kebutuhan pegawai. Untuk itu, pemerintah telah mengangkat 2.000 analis jabatan pada bulan ini dan 2.000 orang lagi pada April.

Pemerintah, lanjutnya, juga akan melibatkan 10 universitas dalam pembuatan soal ujian dan proses seleksi untuk menghasilkan pengawai negeri sipil yang bisa menyukseskan reformasi birokrasi di tanah air. (BG/OL-01

Sumber : Media Indonesia